mechanical engineering


Membangun, Bermanfaat, Mewujudkan Sesuatu yang Benar & Bermakna akan Menuju Sukses untuk Hidup yang Lebih Besar, Zia Ru`ya Hilal

Cari Blog Ini

Rabu, 21 November 2012

PRAKTEK MENGGUNAKAN PROGRAM CFDSOF UNTUK MEMPELAJARI FENOMENA PADA ALIRAN ANTARA 2 PLAT


Oleh Zia Ruya Hilal; http://ziaruya.blogspot.com/;
http://ziaruya.blogspot.com/2012/09/simulasi-aliran-antara-2-plat.html

No

Langkah-gambar

Rincian Langkah kerja

Keterangan

1

clip_image002[8]

Dimulai dari login ke CFDSOF,

Masukan username,dan password akun

2

clip_image004[8]

atau masukan nilai in1 lalu masukan N untuk SI

AloMemori, dalam hal ini bisa ke tools input lalu Alomemori,

Aplikasi CFD start Running

3

clip_image006[8]

Atur domain
Membangun domain dengan panjang L=1m dan tinggi H=0.1m

Jumlah cell untuk arah-I sebanyak 100 cell, pada arah-J sebanyak 30 cell.

4

clip_image008[8]

Atur cell
Daerah inlet dibuat pada I=1 sepanjang J=2 sampai J=29.

Daerah outlet dibuat pada daerah I=100 sepanjang J=2 sampai J=29.

5

clip_image010[8]

Tentukan nilai Inlet dan Outlet

clip_image012[8]

Drag nilai inlet (biru) dan outlet (merah)-pakai

6

clip_image014[8]
Pilih velocity inlet

kondisi sempadan KS
Atur sempadan untuk inlet 1 dengan memberikan kecepatan 1 m/s

clip_image016[8]
Masukan nilai komponen kecepatan

7

clip_image018[8]

konstanta fisikal (KF)
Disini kita akan menentukan konstanta fisikal untuk kondisi 1

densitas ρ =150kg/m3 dan viskositas dinamik, μ1 = 1 kg/m.s

8

clip_image020[8]
jumlah Iterasi 500

Iterasi
Melakukan iterasi hingga tercapai konvergensi

clip_image022[8]
Proses hingga mencapai konvergensi dari numerik

9

clip_image024[8]

Liat hasil,
masuk ke menu hasil, pilih kontur,

set Utk untuk Kecepatan, Velocity Magnitude.

10

clip_image026[8]

Tayang

 

Analisadan kesimpulan :
Dari proses yang sudah dilakukan dalam menggunakan program CFDSOF Bapak Ahmad Indra Siswantara yakni memperoleh gambar hasil simulasi, Dapat terlihat terdapat berbagai macam warna pada kontur kecepatan pada gambar di atas. Warna merah menandakan kecepatan alir yang tinggi, sedangkan warna biru menandakan kecepatan alir yang rendah. Pada kontur terlihat pada bagian tengah aliran fluida kecepatan alir fluida sangat tinggi. selain itu dalam distribusi aliran fluida, yaitu aliran fluida tidak memilliki gradien kecepatan pada posisi inlet berada. Hal ini terjadi karena pada tengah-tengah tersebut, tegangan geser yang dialami oleh fluida adalah minimal, sehingga gaya yang seolah-olah bekerja sebagai gaya gesekan tersebut akan mempengaruhi fluida sedikit sekali. dapat disimpulkan bahwa kecepatan bertambah dari lapisan batas sampai daerah tengah-tengah aliran dan kembali berkurang menuju lapisan batas sisi yang lainnya (arah sumbu y).Kecepatan bertambah sepanjang jarak arah sumbu x sampai aliran berkembang penuh dan keceptan akan mempunyai nilai tetap.  Gaya gesek atau hambatan yang paling besar adalah pada daerah lapisan batas dan paling kecil pada daerah tengah-tengah aliran. Gaya gesek berkurang sepanjang jarak arah sumbu x. Tekanan memiliki nilai paling besar pada daerah lapisan batas dan paling kecil pada daerah tengah-tengah aliran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar